Perbedaan Iklan Dengan Poster Pada Marketing

Secara mendasar perbedaan iklan dengan poster sangatlah signifikan dari segi pemasaran dan juga kedua hal ini poster dan iklan saling melengkapi, dimana kita bisa beriklan dengan menggunakan media poster begitu juga sebaliknya dan untuk mengetahui secara detail bagaimana perbedaan dari kedua media ini berikut akan kita ulas dari pengertian dan contoh-contohnya.

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.

Jenis / Macam-Macam Poster

Jenis poster berdasarkan isinya:
1. Poster Niaga adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.

2. Poster Kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, seperti jalan sehat, senam, dll.

3. Poster Pendidikan adalah poster yang bertujuan untuk mendidik.

4. Poster Layanan Masyarakat adalah poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.

Jenis Poster berdasarkan tujuannya :

1. Poster Propaganda adalah poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

2. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.

3. Poster ‘Dicari’ atau “Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.

4. Poster “Cheescake“adalah poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll.

5. Poster Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.

6. Poster Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.

7. Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll.

8. Poster Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.

9. Poster Kelasadalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.

10. Poster Komersialadalah poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.

IKLAN

Pengertian Iklan adalah salah satu cara komunikasi oleh seseorang, instansi / lembaga, atau perusahaan yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan dengan cara atau bentuk yang menarik kepada khalayak umum guna mendorong atau membujuk atau lebih tertarik untuk menggunakan barang atau jasa yang di tawarkan.

Jenis jenis Iklan

Iklan berdasar Sifatnya

a. Iklan Niaga

Seperti namanya, iklan ini bertujuan untuk menawarkan berbagai produk yang dijual ke masyarakat. Iklan dibuat semenarik mungkin untuk mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk baik barang maupun jasa yang diberikan. Contoh dari iklan niaga adalah iklan produk yang dibuat pabrik seperti Aqua, Mi Instan, Kosmetik, Alat elektronik, Jasa sedot WC, Jasa Penerjemah, Jasa arsitektur dan lain sebagainya yang diproduksi dalam pabrik.

b. Iklan non-niaga

Iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar mempunyai rasa simpati atau memberi dukungan atas suatu permasalahan aspek yang diiklankan. Iklan ini sering pula disebut iklan layanan masyarakat. Contoh dari iklan non niaga misalnya iklan anjuran berhenti merokok, iklan keluarga berencana, iklan untuk menghemat air, iklan untuk menjaga lingkungan, dan lain sebagainya.

Iklan berdasar Tujuannya

a. Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah iklan yang dibuat untuk meminta masyarakat yang melihatnya untuk bekerjasama kepada pihak yang beriklan atau memberikan pemberitahuan untuk menyediakan sesuatu yang diminta atau dibutuhkan oleh si pengiklan. Contoh iklan jenis ini adalah lowongan pekerjaan atau iklan WTB (want to buy) dengan kata lain si pengiklan memberitahukan kepada khalayak luas kalau dia ingin membeli suatu barang tertentu.

b. Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman ditujukan untuk memberikan pengetahuan, penerangan, atau pengumuman kepada masyarakat tentang suatu kabar atau peristiwa, misalnya kelahiran, kematian, pernikahan, atau keberhasilan seseorang. Penggunanya yang lebih banyak terkait dalam cakupan keluarga membuat iklan pengumuman sering kali disebut iklan keluarga. Contoh iklan pengumuman misalnya iklan berita duka, iklan ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat pembukaan usaha/toko baru, ucapan selamat wisuda dan lain sebagainya.

Iklan berdasar ruangan ia dimuat

a. Iklan Baris

Biasanya ditemukan di koran karena keterbatasan ruang dan harganya didasarkan pada jumlah baris yang digunakan dalam keterangan iklan. Iklan ini dinilai iklan yang paling ekonomis namun tetap berhasil dalam artian banyak dilihat oleh masyarakat.Karena jumlah baris dijadikan patokan berapa banyak yang harus diiklankan untuk beriklan maka biasanya si pengiklan akan menggunakan singkatan-singkatan agar jumlah barisnya bisa sesedikit mungkin.

b. Iklan Kolom (Display)

Seperti namanya, iklan display lebih mengedepankan tampilan visual dibanding kepadatan informasi. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik perhatian khalayak umum. Karena dipasang di muka umum atau tempat yang ramai maka gambar yang mudah memancing perhatian publik untuk mau membacanya adalah hal yang diutamakan.Iklan ini biasanya hanya berisi foto atau gambar dan berisi sedikit informasi dalam bentuk tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *